Waspadai 6 Gejala Hamil Anggur Berikut Ini

Mendapatkan kehamilan adalah suatu kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Namun ternyata tidak semua kehamilan dapat berjalan dengan lancar karena beberapa masalah. Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah hamil anggur. Untuk beberapa orang mungkin masih merasa asing dengan istilah ini dan belum mengetahui apa yang bisa menjadi penyebabnya serta ciri-cirinya. Agar Anda lebih waspada dengan kondisi kehamilan yang sedang dijalani, tidak ada salahnya Anda mengetahui informasi selengkapnya.

Gejala Hamil Anggur

Hamil ini disebut dengan hamil anggur karena jaringan yang seharusnya tumbuh menjadi plasenta terlihat seperti anggur kecil-kecil. Hal ini biasanya terjadi karena adanya pertumbuhan kromosom yang tidak seimbang selama masa kehamilan. Kasus ini biasanya terjadi saat 1 sel telur dibuahi oleh 2 sel sperma dalam waktu yang sama. Ada dua jenis hamil Anggur yaitu hamil anggur lengkap dan hamil anggur parsial. Beberapa gejala hamil anggur yang sering muncul adalah sebagai berikut :

  • Mual muntah parah

Kebanyakan orang hamil merasakan mual dan muntah sehingga banyak yang menganggapnya hal yang normal. Namun bila Anda mengalaminya dalam frekuensi yang sering dan cukup parah, Anda harus mencurigainya.

  • Nyeri di tulang panggul

Jika Anda merasakan nyeri di panggul saat awal masa kehamilan, Anda harus waspada. Hal ini bisa jadi merupakan gejala hamil anggur karena erat kaitannya dengan organ reproduksi.

  • Adanya pendarahan di trimester pertama

Mengalami pendarahan di trimester pertama patut dicurigai karena mungkin ada sesuatu yang tidak beres dengan kehamilan Anda. Dalam kasus ini yang mungkin terjadi adalah munculnya pendarahan dari vagina dengan warna merah terang hingga coklat gelap.

  • Anemia

Bila selama kehamilan Anda merasa lemas dan pucat karena anemia, segeralah memeriksakan diri karena bisa menjadi salah satu gejala hamil anggur. Cek berapa kadar hemoglobin Anda apakah dalam kadar yang normal atau tidak.

  • Rahim terlihat lebih besar dibanding dengan usia kehamilan yang semestinya

Yang perlu Anda ketahui adalah hamil Anggur ini membuat jaringan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan hamil normal. Jadi, rahim akan terlihat lebih cepat besar dibanding dengan usia kehamilan pada umumnya.

  • Preeklamsia

Ibu hamil seharusnya lebih rajin dan memiliki kesadaran untuk menjaga tekanan darahnya agar tetap normal. Hal ini erat kaitannya dengan gejala yang perlu diwaspadai. Pada orang yang hamil anggur biasanya akan mengalami tekanan darah tinggi di trimester pertama atau di awal trimester kedua.

Bila memang positif Anda mengalami hamil anggur, nantinya dokter akan memberikan pilihan tindakan yang akan dijalani. Tindakan itu biasanya adalah dengan kuretase yaitu pengangkatan jaringan yang tumbuh tidak normal tersebut. Selain itu solusi lainnya adalah pengangkatan rahim. Namun hal ini dijadikan pilihan bila wanita tersebut memang sudah tidak mengharapkan mendapatkan keturunan lagi.

Dengan mengetahui gejala dari hamil anggur ini, semoga menambah kewaspadaan Anda dengan kehamilan yang sedang dijalani. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kehamilan yang bisa dilakukan dengan USG dan tes darah agar mengetahui apakah kehamilannya normal atau tidak. Jangan sampai Anda terlambat mengetahuinya dan menyebabkan efek yang fatal. Semoga informasi ini membantu dan waspada bila merasa ada sesuatu yang kurang beres dalam masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *