Tugas Compliance Staff Dalam Sebuah Perusahaan

Tugas Compliance Staff Dalam Sebuah Perusahaan

Compliance staff diprogram dalam menjaga berlangsungnya tata kelola yang baik. Dia tidak boleh berasumsi.  Seluruhnya diawali dari komitmen top manajemen guna mematuhi serta  mentaati etika, dan seluruh aturan yang harus dijalankan dengan keikhasannya. Untuk dapat menjalankan komitmen top manajemen dibutuhkan sebuah unit kerja yang bisa membantu top manajemen untuk menjalankan fungsi compliance dengan profesional. Tugas compliance dijalankan oleh para pegawai yang disebut sebagai Compliance Officer atau compliance staff, yaitu petugas  yang memastikan jika seluruh pekerja di dalam perusahaan telah taat dan patuh dalam menjalankan tata kelola yang sebenarnya.

Tugas Compliance staff yaitu memenuhi keinginan top manajemen supaya tata kelola yang baik bisa dijalankan dengan sempurna. Sebab banyak sekali karakter dan perilaku dari orang-orang yang bekerja pada sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, independesi serta fairnes dari seorang Compliance Officer sangatlah penting. Compliance Officer tidak diperkenankan memberikan respon maupun memberikan asumsinya. Mereka hanya diperbolehkan memberikan respon sesuai dengan aturan, etika, serta undang-undang. Sifat dari  seorang Compliance Officer yaitu harus mandiri dan professional. Selain itu,  tidak boleh berdiri di atas kepentingan pihak mana saja. Dan seorang compliance staff hanya boleh berdiri di atas kepentingan tata kelola yang baik berdasarkan dengan kebijakan perusahaan.

Tugas Compliance Staff

Compliance Officer wajib memiliki sifat berani dalam memutuskan dengan tegas untuk menjaga etika serta peraturan yang benar. Sebaiknya anda juga tidak ragu. Tidak boleh dihadapi dengan tidak maksimal. Bersikap rendah hati serta menjaga komunikasi dengan seluruh pihak di internal perusahaan. Selain itu juga harus memiliki dengan gaya kerja yang sopan, sabar, tenang, menjaga emosi, berjiwa besar, berpikir positif , dan bekerja berdasarkan aturan yang berlaku. Mereka juga harus terlatih untuk mendengarkan suara hati baiknya, dan juga bisa menolak suara hati yang takut dalam menegakkan kepatuhan serta ketaatan.

Compliance Officer bekerja guna memulihkan kesalahan serta dilarang menuduh kesalahan pada pihak manasaja. Umumnya orang tidak suka mengakui kesalahan yang diperbuatnya atu tidak suka menerima penilaian mengenai kekurangan serta kesalahannya.  Dalam hal inu Compliance Officer sebaiknya bisa memahami mengenai karakter orang lain. Pengetahuan mengeonai rang lain menjadi sangat penting untuk pekerjaan compliance. Jik Compliance Officer tidak bisa memahami orang lain menggunakan empati yang tinggi, maka adanya mereka bisa berpotensi tidak disukai oleh banyak orang yang ada di perusahaan. Sebaliknya, jika dia mempunyai empati dalam membantu memulihkan serta menyadarkan orang ke arah tata kelola yang baik, dengan begitu, keberadaannya berpotensi memperoleh dukungan.

Pekerjaan compliance juga tidak boleh mengakibatkan kepanikan. Seluruh tindakan serta perilaku harus dilaksanakan dengan tertib berdasarkan prosedur. Sebagai compliance staff sebaiknya memastikan kepatuhan serta perbaikan mengenai hal-hal yang dianggap keliru. Fokusnya yaitu hari ini patuh serta taat, selain itu mempengaruhi peningkatan kinerja jangka panjang dalam perusahaan. Dengan demikian seluruh petugas compliance sebaiknya menguatkan kredibilitas serta reputasinya dengan integritas yang tinggi. Maka, dia dipercaya serta bisa  didengarkan oleh seluruh orang yang ada di dalam perusahaan.

Seburuk apapun  dari kepatuhan manajemen mengenai tata kelola yang baik, Compliance Officer sebaiknya memiliki sikap yang tenang dan tidak mengungkapkan rasa tidak puasnya. Pahamilah konsekuensi atas ketidakpatuhannya itu, dan berikan kesadaran dengan kalkulasi manajemen risiko. Sebaiknya juga bisa berkomunikasi dalam mengambil hati manajemen. Yakinkanlah pada manajemen mengenai kerugian yang mereka hadapi pada saat dalam keadaan yang semakin buruk. Tata kelola yang baik juga memerlukan orang-orang yang memiliki jiwa besar yang bersedia mengakui kesalahan serta sadar untuk bisa memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *