Penyebab Keluar Darah Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keluar Darah Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Semua wanita yang sedang hamil pasti akan kaget jika keluar darah saat hamil muda. Hal ini wajar sebab pasti kita berpikir bahwa akan terjadi sesuatu pada kehamilan kita. Namun sebagai wanita hamil, jika terjadi hal semacam ini jangan panik dulu. Anda harus tenang dan pastikan seperti apakah cairan yang keluar itu. Apakah merah muda sampai coklat tua atau darah segar yang menggumpal.

Terdapat dua kemungkinan yang muncul bila perdarahan terjadi pada tiga bulan pertama. Yang pertama adalah berupa bercak darah yang terlihat dari pakaian dalam yang tadinya dikenakan. jika terjadi perdarahan berlebih akan perlu pembalut untuk dapat mengurangi tetesan darah yang keluar dari pakaian dalam anda.

Penyebab Darah Keluar Saat Hamil Muda

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keluar darah di saat hamil muda. Diantaranya adalah:

Hamil Anggur

Adanya bercak darah ketika hamil dapat menjadi indikasi anda mengalami kehamilan abnormal atau hamil anggur. Hamil anggur merupakan salah satu penyebab terjadinya pendarahan karena secara umum embrio melekat di bagian luar rahim. Sehingga butuh penanganan dokter ahli.

Infeksi

Adanya infeksi organ reproduksi seperti pada bagian serviks bisa menyebabkan pendarahan di awal kehamilan. Seperti adanya herpes pada kemaluan. Perlu penanganan khusus untuk ini.

Keguguran

Hal inilah yang paling dikhawatirkan oleh ibu hamil yakni keguguran. Apalagi bila pendarahan itu bersifat abnormal. Gejala seperti kram perut yang tak wajar akan dirasakan oleh ibu hamil sebelum terjadi pendarahan. Selain itu juga disertai keluarnya lendir dari lubang vagina.

Pendarahan Implantasi

Terkadang anda juga tak perlu khawatir saat mendapati pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan. Sebab kemungkinan ini adalah bagian dari proses hasil pembuahan yang masih berlangsung. Pendarahan implantasi adalah hal wajar dan anda tak perlu panik. Konsultasi saja pada dokter.

Langkah Mencegah Perdarahan Abnormal Ketika Hamil Muda

Untuk mencegah terjadinya pendarahan abnormal saat sedang hamil muda, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan diantaranya adalah:

Pola Hidup Yang Sehat

Hidup sehat secara umum adalah sebuah keharusan untuk siapa saja yang hendak terhindar dari penyakit.Untuk ibu hamil, hindari kebiasaan konsumsi alkohol,merokok, hingga narkoba, untuk mengurangi resiko perdarahan. Anda harus kurangi stres juga depresi, selain itu selalu makan makanan sehat serta olah raga ringan seperti yoga dan senam hamil.

Periksa rutin

Setelah anda dinyatakan positif hamil, maka rajinlah kontrol ke dokter kandungan agar tahu aktivitas seperti apa yang boleh dan tidak untuk dilakukan. Ini adalah pencegahan terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya.

Cara Mengatasi Keluar Darah Ketika Hamil Muda

  • Segera istirahat diutamakan berbaring, kurangi aktivitas seperti berjalan dan berdiri.
  • Jangan membersihkan daerah kewanitaan dengan pembersih dari produk-produk yang bunda sering gunakan.
  • Hindari melakukan hubungan badan selama bunda mengalami perdarahan.
  • Saat terjadi perdarahan jangan pakai tampon. Pakai saja pembalut biasa yang memudahkan untuk mengenali sedikit banyaknya darah yang keluar dan warna darah (merah terang, merah muda atau merah kecoklatan).

Keluar bercak darah saat hamil muda tidak selalu di indikasikan sebagai gejala dari keguguran. Tapi anda juga jangan pernah menganggap remeh peristiwa keluar darah saat hamil muda. Sebab mayoritas kematian ibu hamil disebabkan karena perdarahan. Jadi sebaiknya segera konsultasikan apa yang terjadi pada anda. Dengan demikian dokter akan membantu memberikan solusi terbaik untuk masalah anda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *