Ini Dia Penataan Ruang Tamu yang Sehat dan Menyegarkan

Dalam proses penataan ruang tamu, pastinya Anda juga akan mempertimbangkan dampak dari kesehatan ruangan tersebut, bukan? Dan hal ini bukanlah satu rahasia dalam dunia desain interior, bahkan sudah menjadi salah satu tujuan umum atau bahkan tujuan utama dari desain interior itu sendiri.

Penataan ruang tamu yang menyegarkan dan juga menyehatkan pastinya bisa membuat Anda berfikir sejenak, karena hal tersebut cukup menyulitkan untuk dilakukan, apalagi jika Anda tidak mengetahui cara yang tepat untuk menciptakan kesan tersebut. Jika seperti itu, hal apa saja yang harus dilakukan?

Cara Penataan Ruang Tamu yang Sehat

Seperti yang kita ketahui, bahwa menata ruang tamu bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika kita tidak mengetahui cara-caranya yang tepat. Maka dari itu, dikesempatan ini kami akan memberikan sedikit tips kepada Anda mengenai cara menata ruang tamu yang sehat serta menyegarkan, yaitu sebagai berikut:

1. Penataan Ruang Tamu Kecil

Ada beberapa orang yang beranggapan kalau kecemasan bisa terbentuk dari ruangan yang sangat kecil. Maka dari itu, agar Anda bisa mengurangi efek buruk tersebut, Anda bisa membuat ruang tamu kecil Anda terlihat lebih luas. Hal ini bisa Anda siasati dengan melakukan beberapa hal, seperti menerapkan warna cat yang terang, pencahaan yang tepat, dan pemilihan serta penataan furniture yang cukup simple.

2. Pencahayaan yang Terkonsentrasi

Bukan lagi rahasia, kalau ternyata pencahayaan yang tepat di dalam suatu ruangan mampu memberikan nilai tambah untuk ruangan yang indah serta menyehatkan. Pencahayaan ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap atmosfir serta suasana di dalam suatu ruangan. Karena memang pencahayaan ini sangat berpengaruh serta bisa memberikan dampak psikologis pada siapa saja yang ada di dalamnya.

3. Jalur Pedestrian di Ruang Tamu

Kondisi ruang tamu yang cukup kecil dan terasa sempit pastinya mampu memberikan kesan ketidakluasan ketika Anda bergerak dari satu titik ke titik yang lainnya. Hal ini merupakan suatu masalah yang cukup besar ketika Anda tengah mendekorasi ruang tamu Anda dengan penataan furniture yang cukup banyak.

Maka dari itu, ketika Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran yang cukup kecil, ada baiknya jika Anda memilih dan menata beberapa furniture yang dirasa penting saja. Misalkan seperti sofa dengan ukuran sedang, meja kopi, rak penyimpanan dan beberapa hiasan ruang tamu. Dengan pemilihan furniture dan model yang sesuai, maka dipastikan ruangan sempit Anda akan terasa lebih luas, bahkan Anda bisa menemukan jalur pedestrian di ruang tamu tersebut.

4. Pilihan Warna Interior Ruang Tamu

Apakah Anda maish ingat dengan color psyvology? Ternyata hal ini merupakan salah satu alasan yang sangat penting, mengapa skema warna harus Anda pertimbangkan dengan baik, dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pastikan Anda memilih warna cat interior yang sesuai dengan kondisi ruang tamu Anda, jika Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran kecil, maka Anda bisa memilih warna-warna yang cerah agar mampu menampilkan kesan luas pada ruang tamu Anda.

Jika Anda ingin mencampurkan atau bahkan memadukan beberapa variasi warna, pastikan Anda memilih warna yang sesuai atau selaras. Atau jika Anda menyukai perpaduan warna yang cukup banyak, pastikan Anda memilih pola yang uckup minim.

5. Bring Outdoor Inside

Penempatan beberapa elemen yang natural seperti tanaman atau bahkan sejenisnya, pastinya mampu memberikan suasana yang sangat natural yang mana bisa menarik serta memberikan daya dukung dalam segi interaksi. Maka dari itu, jika Anda ingin suasana yang alami atau natural, maka Anda bisa memilih beberapa tanaman hias untuk Anda jadikan hiasan di dalam ruang tamu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *