Ini Dia Cara Menyusui yang Tepat dan Benar

Menyusui merupakan proses alami yang bisa terjadi antara Anda dengan si kecil, maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir jika awalnya terasa agak canggung. Menyusui adalah keterampilan yang Anda dan bayi Anda pelajari secara bersama, dan mungkin perlu waktu bagi Anda berdua untuk terbiasa dengan kondisi ini.

Agar Anda bisa menyusui dengan nyaman, maka Anda bisa memilih posisi yang tepat, entah itu dengan posisi duduk atau malah berbaring. Yang penting adalah Anda bisa mendekatkan bayi Anda ke arah payudara dengan mudah.

Bayi baru lahir umumnya memiliki naluri yang kuat untuk mencari payudara Anda, hal ini disebut rooting. Saat bayi Anda rooting, Anda akan melihat bibirnya bergerak, dan dia akan memalingkan kepalanya dari sisi ke sisi.

Cobalah beberapa posisi untuk menemukan posisi yang cocok untuk Anda, dan bantu bayi Anda dengan mudah melakukan root dan menemukan payudara Anda. Ini akan membantu bayi Anda membuka mulutnya lebar-lebar dan mendapatkan kait yang bagus dan nyaman ke payudara Anda.

Bagaimana Cara Menyusui yang Tepat?

Cara menyusui yang benar adalah dengan cara duduk atau berbaring, sehingga punggung Anda tidak akan terasa terlalu pegal karena ada penyanggah dan Anda merasa nyaman. Lengan dan bahu Anda harus longgar dan bebas bergerak, tetapi didukung dengan sanggaan baik. Jika perlu, Anda bisa mengangkat lutut atau bahkan kaki Anda.

Jika Anda duduk, Anda bisa menggunakan bantal untuk menyanggah berat bayi Anda pada awalnya, sehingga lengan Anda tidak mudah pegal. Jika Anda menggunakan posisi santai, gunakan bantal atau guling untuk menopang siku, bahu, dan punggung Anda.

Setelah Anda merasa nyaman, letakkan bayi Anda, tengkurap, di dada dan perut Anda, dan angkat lutut Anda, sehingga bayi Anda memiliki permukaan untuk mendorong dengan kakinya. Posisi santai membantu bayi Anda memanfaatkan refleksnya untuk mendapatkan payudara Anda. Tubuh Anda akan menopang bayi Anda dan membiarkannya secara naluriah menyesuaikan posisinya, menganggukkan kepalanya, dan menemukan payudara Anda.

Jika Anda berbaring miring, letakkan bantal di bawah kepala. Baringkan bayi Anda di samping Anda, dengan perutnya menghadap Anda. Sekali lagi, Anda bisa menekuk lutut sehingga bayi Anda bisa merasakannya dengan kakinya.

Bagaimana Cara Mengarahkan Bayi Ke Payudara?

Dekatkan bayi Anda dengan tubuh Anda. Dorong dia untuk menempel pada dirinya sendiri, daripada mencoba memasukkan puting susu ke mulutnya.

Untuk membantunya mengunci, pegang dia menghadap puting susu Anda, dengan telinga, bahu, dan pinggulnya dijajarkan sehingga tubuhnya lurus. Dukung lehernya, tetapi jangan memegang bagian belakang kepalanya. Letakkan telapak tangan di belakang bahu bayi dan jari telunjuk dan ibu jari di belakang telinganya.

Jika Anda dalam posisi duduk dan menopang payudara Anda dengan tangan Anda untuk memulainya, jaga tangan Anda sejauh mungkin dari puting Anda, sebaiknya kembali pada tulang rusuk Anda. Setelah payudara Anda ditopang, tetap diam, dan hanya gerakkan bayi Anda.

Bayi Anda membutuhkan kebebasan untuk mengarahkan kepalanya ke belakang tepat sebelum ia menempel. Dia harus memimpin dengan dagunya, dan memiliki mulut terbuka, seperti sedang menguap besar. Perhatikan rahang bawahnya jatuh.

Dengan kepala terbalik, biarkan dagunya menyentuh payudara Anda di bawah areola Anda, lingkaran hitam yang mengelilingi puting susu Anda. Bayi Anda akan menemukan payudara Anda dengan sentuhan, bukan dengan penglihatan atau penciuman, meskipun indera ini mungkin juga berperan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *