Cara Menyusun dan Metode Forecasting Penjualan

Cara Menyusun dan Metode Forecasting Penjualan

Forecasting atau ramalan penjualan jika dalam sebuah bisnis dartikan sebagai suatu perkiraan maupun proyeksi dengan teknis permintaan konsumen potensial di dalam suatu waktu tertentu dengan berbagai macam pendapat.

  • Metode forecasting atau Peramalan penjualan yaitu perkiraan tentang sesuatu yang belum terjadi .
  • Peramalan penjualan juga bisa Budget yang isinya berupa taksiran-taksiran mengenai kegiatan-kegiatan

Cara Menyusun FORECAST PENJUALAN

Hasil dari suatu forecasting penjualan termasuk suatu pernyataan maupun penilaian yang pada keadaan masa depan tentang penjualan menjadi proyeksi teknis dari permintaan konsumen potensial pada jangka waktu tertentu. Walaupun begitu hasil perkiraan yang diperoleh mungkin saja justru berbeda dengan rencana yang telah dimiliki.

Biasanya hasil dari suatu peramalan penjualan nantinya akan dikonversikan menjadi rencana penjualan yang akan memperhitungkan berbagai macam persoalan seperti berikut :

  • Pendapat manajemen
  • Strategi-strategi yang direncanakan
  • Keterkaitan dengan sumber daya
  • Ketetapan manajemen dalam usaha mencapai sasaran penjualan

Dengan terdapatnya forecasting penjualan produk pada suatu perusahaan, dengan demikian manajemen perusahaan itu akan bisa melangkah kedepan dengan lebih pasti lagi. Dengan dilakukan peramalan penjualan yang disusun ini manajemen perusahaan juga menjadi bisa memperoleh gambaran mengenai keadaan masa depan dari sebuah perusahaan. Gambaran dari keadaan penjualan di masa yang akan datang ini begitu penting untuk manajemen perusahaan.  Sebab kebijakan perusahaan juga akan begitu dipengaruhi oleh besarnya penjualan produk dari perusahaan tersebut.

Metode Forecasting Penjualan

Terdapat banyak metode peramalan yangdapat dipakai. Pemilihan metode forecasting beserta nilai dari hasil peramalan juga begitu bergantung dalam kendala-kendala yang ada pada sistem forecasting. Untuk permasalahan tersebut antara lain:

a) Waktu yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan dengan melakukan peramalan.

b) Data yang relevan masih kurang, baik dari sumber internal atau dari eksternal.

c) Kualitas data-data yang tersedia

d) Fasilitas pengolahan data serta tenaga ahli

Jenis kendala tersebut akan berpengaruh di dalam kualitas data. Kemudian untuk kendala yang disebut terakhir juga akan bertambah banyak sesuai dengan kebijakan pengalokasian dana di dalam kepentingan forecasting.

Berikut beberapa metode forecasting yang bisa dipakai untuk kepentingan sebuah peramalan penjualan:

  1. Metode Peramalan Kualitatif

Forecast sesuai dengan pendapat ( judgement method ). Ini dipakai untuk menyusun forecast penjualan atau forecast kondisi bisnis yang biasanya. Pendapat-pendapat yang kerap  digunakan menjadi dasar melakukan forecast diantaranya:

a. Pendapat Salesman

Salesman dianjurkan supaya mengukur apakah terdapat kemajuan atau kemunduran berbagai macam hal yang berkaitan dengan tingkat penjualan di daerahnya masing-masing.

b. Pendapat Sales Manajer

Biasanya estimasi kepala bagian penjualan bisa lebih obyektif sebab mempertimbangkan berbagai macam faktor. Ini juga dikarenakan pendidikannya yang menjadi lebih tinggi dan pengalamannya juga akan semakin luas pada bidang penjualan.

c. Pendapat Para Ahli

Terkadang untuk estimasi yang di lakukan oleh para salesman beserta sales manager memiliki pertentangannya. Dengan demikian perusahaan sebaiknya memperkerjakan para konsultan pada perusahaannya

d. Survey Konsumen

Dan apabila pendapat dari ketiga bagian di atas itu dirasa masih sangat kurang, maka perusahaan sebaiknya meminta pendapat dari konsumen. Caranya dengan melakukan survei maupun penelitian kepada para  konsumen.

  1. Model Kuantitatif (statistik/Statistic Method)

Metode forecasting menghendaki perpaduan antara analisis ilmiah kuantitatif dengan memakai statistik untuk menjadi alat primer dalam menjadikan sebuah peramalan.

  1. Metode Khusus

Metode khusus ini merupakan sebuah cara yang khusus untuk meramalkan penjualan dengan memakai analisis market share, analisis product line, serta menggunakan analisis pengguna akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *