Adakah Obat Maag Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Obat Maag Untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Sakit maag memang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini tak mengenal usia, ras, dan jenis kelamin. Tapi bagaimana kondisinya jika sakit maag ini menyerang wanita yang sedang hamil? apakah ada obat maag untuk ibu hamil dan aman pula untuk janin yang berada di dalam kandungan?

Penyakit maag yang diderita ibu hamil umumnya disebabkan karena si ibu kurang nafsu makan disebabkan mual dan muntah yang terjadi karena pengaruh hormon chorionic gonadotropin. Inilah hormon yang bisa meningkatkan asam lambung serta membuat malas makan. Akibatnya perut ibu hamil yang sering kosong, padahal produksi asam lambung berlangsung terus. Masalah ini didukung dengan kondisi ibu hamil yang senang sekali makan rujak, serta asinan yang super pedas dan asam. Dengan demikian produksi asam lambung menjadi semakin tinggi.

Obat Maag Alami Aman Untuk Ibu Hamil

Jika sakit maag melanda waktu hamil ini termasuk salah satu gangguan kesehatan yang berbahaya. Hal ini bisa menghambat asupan nutrisi untuk janin. Jika ibu hamil terserang sakit maag harus segera ditangani secara benar agar tak mengganggu asupan makanan saat hamil. Obat maag yang aman untuk ibu hamil sebaiknya menggunakan ramuan herbal.

Terkait dengan hal tersebut bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia, maka diperlukan obat maag ibu hamil yang aman dan bersifat alami. Berikut beberapa jenis ramuan alami sebagai obat maag yang aman untuk ibu hamil.

Tips mengurangi sakit maag saat hamil

  • Usahakan untuk selalu sarapan di pagi hari, hindari perut yang kosong.
  • Hindari makanan yang merangsang lambung, seperti makanan yang pedas dan asam.
  • Jangan minum kopi, teh, atau soft drink. Sebaiknya sering minum air putih.
  • Selalu memperhatikan syarat makanan, seperti memilih makanan yang mudah di cerna dan porsi makan sedikit-sedikit tapi sering.
  • Yang terakhir hindari stres, ketika mengalami tekanan psikis maupun fisik selama kehamilan maka dapat memicu produksi asam lambung.

Ibu yang sedang hamil memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan, karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan sang jabang bayi. Hal itulah yang sering kali membuat ibu merasa kebingungan dalam mencari obat yang aman dikonsumsi.

  • Kunyit

Sediakan kunyit sebanyak 2 batang lalu bersihkan dan parut. Saring untuk diambil sarinya, kemudian seduh dengan air dan ambil air perasan tersebut. Minum 2 kali sehari untuk meredakan penyakit maag yang Anda derita. Kunyit mengandung senyawa anti imflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan.

  • Kacang Kedelai

Mengobati maag dengan menggunakan kacang kedelai terbilang cukup aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Untuk membuatnya sangat mudah yaitu dengan menumbuk kacang kedelai kemudian seduh menggunakan air hangat. Air seduhan diminum 3 kali dalam sehari. Ramuan yang satu inin tentunya lebih enak dibandingkan dengan yang lainnya. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat alergi sebaiknya menghindari kedelai.

  • Daun jambu

Daun jambu memiliki banyak khasiat yaitu untuk mengatasi diare dan juga bisa digunakan sebagai obat maag. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji dan rebus dalam 1,5 liter air. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

itulah beberapa obat maag untuk ibu hamil yang bisa didapatkan dengan bahan alami dan tentunya ini aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Semoga dengan informasi yang kami berikan ini bisa menambah pengetahuan dan juga wawasan anda tetang cara mengatasi sakit maag di saat anda sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *