5 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara Alami

Banyak orang yang sudah pernah  mengalami penyakit yang satu ini. Bahkan sampai ada lirik lagu yang mengangkat tentang sakit gigi. “Lebih baik sakit gigi, dari pada sakit hati”, lirik ini digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang tidak tertahankan ketika mengalami sakit gigi.

Sebagian besar orang memang beranggapan bahwa sakit gigi sangatlah menyiksa. Semua aktivitas menjadi terganggu, bahkan dapat merubah mood kita menjadi temperamental. Penyakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti terkikisnya gigi, gigi berlubang, kebanyakan mengonsumsi manis, serta infeksi pada gusi.

5 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara Alami

Terdapat beberapa cara alami untuk menyembuhkan sakit gigi secara alami dan efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara Alami

1. Menggunakan Air Garam

Sakit gigi dapat diatasi dengan menggunakan garam, yang merupakan bahan masakan terpenting dan pasti tersedia di dapur. Karena kandungan sodiumnya yang tinggi, garam dapat berperan sebagai disinfektan alami, sehingga dapat mengatasi infeksi dan mengurangi rasa sakit pada gigi atau gusi.

Cara penggunannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 sendok teh garam
  2. Masukkan ke dalam satu gelas air hangat
  3. Gunakan air garam hangat untuk berkumur-kumur
  4. Menggunakan Lemon

2. Menggunakan Lemon

Lemon yang sering digunakan untuk membuat minuman segar, ternyata juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Asam dari buah lemon dapat berperan sebagai alkali untuk menetralkan pH dalam mulut, sehingga akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Peras 1 buah lemon dan larutkan dalam segelas air hangat. Gunakan air lemon untuk berkumur-kumur dua kali sehari.

3. Daun Sirih

Daun sirih sudah banyak digunakan untuk berbagai pengobatan. Daun sirih mengandung senyawa minyak atsiri yang tinggi, sehingga dapat berperan sebagai anti septik alami. Sejak zaman dahulu, daun sirih juga sudah digunakan untuk menjaga kesehatan dan menguatkan gigi. Wanita tradisional menggunakan sirih dan kapur, kemudian dikunyah-kunyah, tujuannya adalah menguatkan gigi.

Cara penggunaan daun sirih untuk menyembuhkan sakit gigi adalah dengan merebus beberapa daun sirih dengan 2 gelas air. Kemudian air rebusan daun sirih digunakan untuk berkumur dua kali sehari.

4. Menggunakan Merica

Merica selain sebagai bumbu masak, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Merica mengandung berbagai senyawa yang dapat berperan sebagai anti bakteri, anti inflamasi, serta analgesikk properti. Dengan ini , merica dapat digunakan sebagai antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan sakit yang dihasilkan oleh perbaikan jalan.

Cara penggunaan:

  1. Ambil beberapa merica kemudian tumbuk bersama sedikit garam
  2. Ketika telah halus, tambahkan sedikit air hingga membentuk menjadi pasta
  3. Oleskan pasta merica pada area gigi yang sakit
  4. Biarkan sekitar 5 menit, kemudian kumur-kumur dengan air garam hangat
  5. Menggunakan Bawang Putih

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu masak yang mudah ditemui di rumah kita. Bumbu masak ini juga dapat digunakan untuk meredakan dan menyembuhkan sakit gigi. Bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang tinggi yang efektif untuk mengatasi kuman penyebab peradangan pada area gigi.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan dan kupas 2 siung bawang putih
  2. Tumbuk bawang putih hingga halus
  3. Tambahkan sedikit garam
  4. Tempelkan pada area gigi yang sakit, dan biarkan selama 10 menit
  5. Gunakan air hangat untuk berkumur-kumur

Demikian beberapa cara untuk menyembuhkan sakit gigi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *